Keberhasilan program pendidikan melalui proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu di antaranya adalah proses pemantauan dan pengawasan terhadap kependidikan yang dilakukan secara efektif dan optimal.
Kepala Sekolah SMAN 1 Cinangka yaitu Bapak Aliyudin, S. Pd, M. Pd melaksanakan program supervisi di semester 1 Tahun Pelajaran 2024-2025 pada bulan september 2024. supervisi ini dilaksanakan untuk seluruh guru SMAN 1 Cinangka. Salah satu tugas kepala sekolah adalah sebagai pembina dan pembimbing guru agar bekerja dengan betul dalam proses pembelajaran siswanya. Supervisi pembelajaran mempunyai tiga prinsip yaitu:
(a) supervisi pembelajaran langsung mempengaruhi dan mengembangkan perilaku guru dalam mengelola proses belajar mengajar;
(b) perilaku supervisor dalam membantu guru mengembangkan kemampuannya harus didesain dengan jelas;
(c) tujuan supervisi pembelajaran adalah guru makin mampu menjadi fasilitator dalam belajar bagi siswanya
Tujuan dilaksanakannya supervisi adalah:
- Guru dapat mengembangkan Program Pembelajaran
- Dapat membuat kelangkapan mengajar dengan baik dan lengkap
- Meningkatkan kompetensi guru dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Meningkatkan profesionalisme guru dalam memberikan layanan pendidikan yang bermutu.
- Guru memiliki kepribadian yang mantap, inklusif, dan memiliki rasa empati yang tinggi dalam pergaulan antar teman sejawat sebagai penerapkan kecerdasan sosial.
Pelaksanaan supervisi Pendidik dapat dilaksanakan sesuai dengan tupoksi kepala sekolah dalam rangka memberikan bantuan kepada Guru untuk mengatasi permasalahan yang dialaminya dan pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme serta dapat meningkatkan kualitas layanan pembelajaran di SMAN 1 Cinangka.